Friday, January 6, 2012

Pempek resep dari Tanteku

Siapa yang tak suka dengan makanan yang satu ini??? kalau aku pribadi dan juga suamiku suka banget dengan makanan khas Palembang ini. Pempek. Kalau dulu saat kami masih tinggal di Jakarta, sangat mudah sekali mendapatkan Pempek ini. Jangankan di Jakarta, di seluruh daerah di Indonesia mungkin kita bisa menemukannya.

Tapi semenjak kami tinggal di negri gingseng ini, tampaknya aku tidak menemukan keberadaan pempek disini, padahal udah kangen berat. Tapi untungnya dulu aku pernah diberi resep oleh Tanteku (Terima kasih Tante...) dan sempet juga aku praktek saat di Jakarta. Caranya gampang banget deh, hasilnya gimana? klo kata suamiku-----juri tetapku nih.. rasanya enak, nagih kayanya... *iya aja ya Cay(panggilan dariku ke suamiku)..klo bilang gak enak nanti ga dibikinin lagi!!! #maksa. hehe.. Ini dia resepnya:


Bahan-bahan pempek sbb:
- Ikan Tenggiri
- Tepung kanji/sagu
- Bawang putih (dihaluskan)
- Air es
- Garam secukupnya
- Minyak goreng
- Air untuk merebus

Bahan-bahan untuk kuah pempek sbb:
- Gula Jawa
- Bawang putih (dihaluskan)
- Asem jawa secukupnya
- Cabai rawit (disini aku pakai cabe hijau, soalnya disini ga ada cabe rawit), haluskan.
- Garam secukupnya
- Air mineral

Bahan tambahan:
- Timun, potong kotak-kotak kecil 


Cara membuat pempek:
1. Ikan Tenggiri diambil dagingnya saja, kemudian dagingnya dihaluskan dengan blender (kalau aku cuma diremek-remek pakai tangan, sekalian olahraga tangan. *alasan, padahal males nyuci blender).
2. Daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dipindahkan ke wadah, kemudian dicampur dengan bawang putih, garam, tepung kanji, air es. uleni hingga kalis. 
3. setelah adonan ikan kalis, bentuk sesuai selera.
4. Di wadah lain (panci) siapkan air untuk merebus dan tuang minyak goreng agar tidak lengket. tunggu sampai air mendidih.
5. Setelah air mendidih, masukkan adonan ikan yang sudah dibentuk. rebus hingga adonan naik ke atas permukaan air. angkat, tiriskan.

Cara membuat kuah pempek:
1. rebus semua bahan hingga mengental


Pesan:
1. Untuk takaran pempek. Jika ingin ikannya lebih terasa, maka takaran ikannya lebih banyak dibanding tepung kanjinya. atau bisa juga dibuat sebanding.
2. Untuk kuahnya. Menurut saya setelah uji coba beberapa kali, untuk menghasilkan kuah yg kental, gula jawanya agak dibanyakin.
3. Tingkat keasamannya bisa disesuaikan sendiri dari takaran asam jawanya.
4. Tingkat kepedesannya? bisa disesuaikan juga dengan selera masing-masing.
5. Pempek yang sudah direbus tadi bisa disimpan di dalam kulkas untuk stok.

6. Ketika pempek akan dihidangkan jangan lupa digoreng dahulu, atau boleh juga langsung dimakan jika suka.
6. Dan jangan lupa menyajikannya dengan kuah pempeknya.



Selamat mencoba... ^_^



20 comments:

  1. haii dee....salam kenal n makasi udah mampir di blog mbak ya..hehe. kangen masakan indonesia y ?? hebat euuuyyy..mbak aja yg notabe tinggal di pabriknya pempek (jambi-palembang), ga bisa bikinnya wkwkwkwk (a.k.a mualeeeesss aslinya). liat bio trnyt stay di korea, waaahhh itu negara impian yg pgn bgd dikunjungi,plg klo Hyun Bin dah kelar wamil hahahahahahaha *tutupmuka

    ReplyDelete
  2. Waaah... suka banget ma pempek.. MAu dong dibikinin.. *moikutjadijurijuga

    ReplyDelete
  3. - Halo Mimi Arie.. ihh seneng dikunjung balikk.. Terima kasih Mbak.. :)

    iya aku kangen sama masakan indonesia, yang wuenak2.hihi..

    ayo nanti aku telponin Hyunbin deh klo Mimi Arie kesini, biar bisa ketemuan. *kaya kenal aja...hihihi...

    - Mba Anggie: yaa.. klo deket langsung boleh dimaem Mbak. Mba Anggie tinggal nya dimana sih Mba?

    ReplyDelete
  4. pempek kesukaan saya mba...

    setiap abinya dinas ke palembang or jambi, ngga pernah absen bawa pempek deh

    ReplyDelete
  5. Assik,,aku mau coba ah. TFS mba :p aku pernah keracunan empek2 lho, gara-gara beli yang sebiji Rp.1000. Habis gitu kapok, mending beli empek-empek yang jelas ajah.

    ReplyDelete
  6. @Ummi Nabil : enak ya Ummi.. aku juga pengen banget yang asli palembang... *colek Mba Allisa..

    @Mba Kania: ayo lekas buat Mba.. nyam..nyam... aku dulu juga pernah beli pempek 1000 an ada rambutnya :(

    @Asep: langsung cari pempek sep.hehehe

    ReplyDelete
  7. sya juga suka makanan ini mbak..
    di korea..mudah ya cari ikan segar??

    ReplyDelete
  8. @Mbak Ketty: disini alhamdulillah saya nemuin ikan segar terus di mini market deket tempat tinggal :) tapi sayangnya setiap nyari udang segar selalu ga ada.hihihi

    ReplyDelete
  9. wah saya termasuk yang hobi makan pempek-pempek keinginan mbuatnya selalu tinggal rencana. btw, apa kanji yang digunakan harus merek sagu tani? seperti sering direkomendasikan orang?

    ReplyDelete
  10. ukurannya berapa mbak? Pasti enak ya dingin-dingin makan pempek ... lagi musim dingin kan di Korea mbak?

    ReplyDelete
  11. ukurannya berapa mbak? Pasti enak ya dingin-dingin makan pempek ... lagi musim dingin kan di Korea mbak?

    ReplyDelete
  12. -Mba Rina: untuk kanjinya memang pakai sagu tani sih klo yang saya bikin itu. tapi sepertinya ga musti sagu tani ya Mba. soalnya disini kan juga ternyata tidak ada sagu, teman-teman saya malah menggantinya dengan tepung tapioca.hehehe...

    -Mba Hani: wadduhh.. ini kelemahan saya nih Mba. klo ditanya ukuran atau takaran dalam memasak. jujur saat masak saya cuma modal cemplung2 dan perasaan aja Mba, jadi jarang pakai takaran, yang penting dirasa2in rasanya pas.hehe..
    iya betul disini sedang winter Mba :)

    ReplyDelete
  13. Pempek kesukaan keluargaku Mbak :)
    Secara tinggal di kota Pempek Palembang juga ;)

    ReplyDelete
  14. huaaa Mba Yunda..saya pengen pempek asli di palembangnya.. :9

    ReplyDelete
  15. aku juga suka banget pempek, tiap jalan2 pasti nyari makanan ini.

    OOT, Mimi Arie langsung heboh ya tau mbak Dee tinggal di Korea, hihihih .. piss Mimi ...

    ReplyDelete
  16. Ga salah ya Bu Dey, pempek jadi makanan fav. lah wong yang suka buanyak. ^_^

    ReplyDelete
  17. kayaknya gampang ya.. tapi pasti susah deeeh.. T__T gula jawa dan asem jawa itu bahasa inggrisnya apa ya? aku kadang2 bingung nyari bahan2 kalau mau bikin masakan indo..

    ReplyDelete
  18. hihi.. kurang tau juga mba Bebe, klo di tmpt mba Bebe ada warung asianya ga? atau malah ada warung indonesianya ga?
    klo aku asem jawa itu emang niat banget bawa dari indonesia waktu pas pulang. trus gula jawa kebetulan ada dijual di foreign mart.hihi..
    klo tepung kanji bisa diganti sama tepung tapioca :D

    ReplyDelete
  19. Uhuuuyyy...pempek memang di mana-mana jadi favorit deh :D

    ReplyDelete

HaiyHaiy.. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog ku. Jika ingin meninggalkan komentar, silahkan ya.. dengan senang hati.. ^ _ ^